Umur bumi semakin renta

Belakangan ini bencana alam terjadi bertubi-tubi mulai dari Indonesia, Pakistan sampai dengan Amerika Serikat. Satu hal yang banyak diulas adalah bumi sudah semakin renta, polusi tidak tertahankan lagi sehingga pola cuaca sekarng berubah. Beban pemanasan bumi sungguh besar sekali sehingga berangsur-angsur kutub utara meleleh, mengubah aliran laut dan menggeser pola cuaca.

 Earth

Banjir, gempa, badai seperti Katrina, badai panas dan dingin sudah menjadi fenomena global. Perlahan-lahan berita bencana alam ini sudah menjadi berita harian  namun dalam sebuah laporan dari BBC, jelas sekali secara visual bahwa bumi ini bebannya sudah semakin berat. Ulah manusia yang mengeksploitasi alam, mobilitas manusia yang tinggi di dunia sehingga menghabiskan banyak energi, memiliki andil untuk keruntuhan alam ini.

Kalau kiamat itu diartikan hancurnya bumi, maka sekarang kiamat kecil telah terjadi dimana-mana. Alam tidak lagi ramah. Bayangkan pantai indah di Thailand menjadi ombak ganas yang menelan korban jiwa dan menghancurkan properti begitu banyaknya adalah akibat dari pergeseran yang terjadi di alamini.

Alam akan membalas apa yang dilakukan terhadap manusia. Jika alam ini bisa bicara, jika bumi ini bersuara maka mereka akan meminta dengan teriakkan melengking bahwa manusia harus sadar akan tempat tinggalnya. Manusia harus penuh perhatian merawat tempat tinggalnya yakni bumi. Tidak hanya itu, bumi menginginkan manusa menjadi Abdullah, abdi Allah yang setia untuk menghabiskan waktunya memuji dan mengaggungkannya.

Kenyataannya dari enam milyar manusia di muka bumi ini hanya satu milyar yang Muslim. Itupun kalau dihitung lagi, belum tentu dari satu milyar itu kualifikasinya sama. Perlu kesadaran dan renungan betapa iman ini perlu diperkuat dan diperluas dengan menanamkan dalam diri kita agar alam ini dirawat karena ini adalah amanat Allah SWT.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: