Indonesia bisa berubah

Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. QS Ar-Ra’d:11
Menyaksikan Indonesia dari jauh, semakin kentara bahwa negeri ini bisa mencapai kejayaan apabila syarat-syarat perubahan sudah tercermin di dalamnya.

Perubahan ini dimulai dari nafs, bagian inti dari ruh manusia. Darisinilah perubahan ini dimulai, bukan dari undang-undang atau aturan.

Dari berbagai gejala yang sangat parah dalam masyarakat Indonesia, perubahan kolektif bisa dicapai apabila terjadi proses pencusian jiwa, kembali kepada fitrahnya.

Indahnya perubahan yang diberikan petunjuknya dalam Al Quran karena dimulai dari elemen terkecil di dalam setiap insan. Nafs mewakili sebuah unsur dalam diri manusia yang kadang-kadang tidak disadari.

Darisinilah segala penyakit manusia muncul. Penyakit korupsi, penyakit menentang keagungan Ilahi, penyakit mental terabas, penyakit keduniaan dan segala kelemahan yang menyebabkan bangsa Indonesia terpuruk.

Benar bahwa melalui jalur demokrasi bisa diciptakan kolektifitas yang lebih menghargai kebebasan berpikir, berbicara dan berkelompok. Ini peluang bagus. Namun jika tidak dilahirkan nafs yang bersih maka demokrasi akan membawa bencana.

Tidak ada sistem yang lebih baik selain sistem yang telah diberikan Sang Maha Pencipta.

Perbincangan selanjutnya adalah mengulas berbagai unsur mengapa kajian perubahan yang disebutkan dalam ayat tadi bisa menjadi petunjuk yang akan membukakan banyak orang betapa pengobatan bangsa Indonesia yang tambal sulam tidak akan melahirkan kemajuan yang luar biasa di masa depan.

Indonesia akan tercoret namanya dari peta dunia jika tidak memiliki nafs yang kuat untuk memikul amanat menjadi khalifah fil ardhi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: